Wednesday, December 10, 2014

Image Diri


Image

Semua mengetahui bahwa 'image' dalam bahasa Indonesia artinya gambar.
Image selalu akrab bagi dunia topography. Tapi ditulisan ini saya tidak membahas dunia photography.

Ada satu istilah yang kerap kita dengar bahkan kita sering menggunakannya. Apakah itu?
'Image Diri' adalah istilah keren saat ini. Penggunaanya biasanya untuk menggambarkan kepribadian seseorang atau lebih tepatnya sebagai ciri khas sifat baik dan buruk.

Menjaga image adalah menjaga nilai diri, menjaga harga diri, menjaga integritas.
Jaim, istilah keren dalam jaga image, merupakan sikap kehati-hatian seseorang dalam mempertahankan value diri sehingga nilai baik akan tetap bertahan pada dirinya.

Namun yang paling berat adalah ketika image negatif itu melekat pada diri seseorang, bahkan itu pun hinggap ke diri kita masing-masing. Image negatif tidak hanya pada satu faktor penilaian, ia amat beragam. Semisal kita umpamakan dalam urusan muamalah, komunikasi, pergaulan, makan dan lain sebagainya.

Efek dari image negatif ini tentu teramat merugikan bagi diri yang disandarkan terhadap penilaian tersebut. Ia akan tetap menjadi ingatan, lebih-lebih bagi orang yang merasa dirugikan.

Sedangkan image positif adalah suatu kebalikan yang sempurna dari image negatif tadi. Rosulullah Muhammad Saw telah mencontohkan dan mengajarkan akan hal tesebut. Sebagaimana kita mengetahui istilah Al-Amin, adalah sebagian dari sekian banyak image positif pada suritauladan yang mulia itu.  Jangankan sahabat, keluarga, bahkan orang yang memusuhi beliau pun berani dan mengakui akan kebenaran image itu.

Mulai saat ini, tugas diri kita masing-masing adalah berjuang dalam menciptakan dan istiqomah terhadap menjaga image positif itu.

Benarlah kata pepatah :


Gajah mati meninggalkan belalai
Maunisa wafat meninggalkan nama (image)

Setidaknya ada dua hal yang harus kita lakukan :


Ingatlah image baik orang lain kemudian do'akan agar dia istiqomah dalam hal itum dan lupakanlah image baik diri sendiri,sebab keria'an itu akan mnggerogoti amal ibadah kita.
Lupakanlah image buruk orang lain kemudian do'akan agar ia kembali kepada kebaikan, dan ingatlah image buru diri sendiri, agar senantiasa berhati-hati dan memohon ampunan kepada Robbi 'Izzati.

Saya :
Antonjundi | Menulis Makna Kehidupan


0 komentar:

Post a Comment